Minggu, 16 Desember 2018

Belajar Aksara Sunda


Seiring dengan perkembangan zaman aksara sunda mengalami perubahan di zaman modern ini seperti lahirnya huruf-huruf baru seperti (fa, sya, kha, qa, va, xa, za) yang tidak ada sebelumnya dalam aksara sunda kuno, aksara sunda sekarang sudah modern. Aksara Sunda disebut dengan aksara Ngalagena yang berjumlah 32 huruf yang terdiri dari 7 aksara swara atau vokal dan 25 konsonan. Banyak orang sunda sendiri yang tidak tahu tentang cara menulis dan membaca aksara sunda padahal orang-orang dulu ketika masih zaman kerajaan, aksara sunda dipergunakan oleh masyarakat pada zaman itu, hal itu dibuktikan dengan adanya prasasti-prasasti yang ditemukan yang bertuliskan aksara sunda. salah satu faktor orang-orang sunda tidak mengerti aksara sunda yaitu disebabkan oleh para penjajah yang tidak memperbolehkan orang-orang pribumi bisa membaca. dengan itu saya akan berbagi wawasan saya mengenai cara membaca aksara sunda.


Aksara Ngalagena
seperti pada gambar di atas semua huruf aksara sunda berakhiran vokal A seperti: KA GA NGA CA JA NYA, dll. terus bagaimana kalau ingin merubah vokal A menjadi A I U E O?
untuk mengubah vokal A seperti pada gambar di atas diperlukan vokalisasi atau rarangken atau pananda sora.

Pananda Sora
Pananda Sora atau vokalisasi berjumlah 13 macam yang dalam penempatannya terbagi kedalam 3 kelompok, masing-masing sebanyak 5 buah ditempatkan di atas aksara dasar, sebanyak 3 buah di bawah aksara dasar, dan 5 buah sejajar dengan aksara dasar yang masing masing dibagi menjadi 1 buah ditempatkan di sebelah kiri aksara dasar, 2 buah disebelah kanan dan 2 buah lagi ditempatkan disebelah kanan dengan sedikit menjulur ke bagian bawah aksara dasar seperti pada gambar di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Objek wisata baru Puncak Eurad Wangunharja Lembang

Lembang menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak diminati, setiap hari libur kawasan lembang selalu dipadati oleh kendaraan mobil pr...